Minggu, 31 Maret 2013

Mencari penghasilan melalui OSIS

Salam blogger...

Anda mungkin akan berpikir "untuk apa jadi OSIS ? capek, penat, kayak babu suruh ini suruh itu ahhh..... pusing pokoknya...." tapi dapatkah anda berpikir jadi OSIS itu menyenangkan, dapat pengalaman yang berharga untuk masa depan, dapat teman yang banyak, di hargai di sayangi banyak guru, selain itu dapat mencari penghasilan kelompok melalui organisasi ini. Tentu yang seperti ini di sedikitpun terlintas di bayangan kita, tapi ngak usah khawatir mari kita belajar mencari penghasilan bersama-sama.

Sebenarnya maaf-maaf kata nih sobat blogger, saya hanya  bebagi pengalaman saja bolehkan? ya terimakasih sobat. meskipun saya baru kelas X tapi saya ingin bergabung dengan kepengurusan OSIS dan untunglah mereka mempercayai saya. Sebenarnya ini pengalaman saya waktu saya menjadi pengurus OSIS di tingkat SMP dulu namanya SMPN 1 CIDAHU. Ya kebenaran saja waktu itu saya terpilih menjadi ketua OSIS. Waktu pertama saya jadi OSIS mungkin saya berpikir demikian seperti yang di atas namun saya mencoba untuk mempunyai suatu gagasan agar saya bersama teman-teman mendapatkan penghasilan dari kepegurusan ini.

Berkat kerja keras kami bersama akhirnya kami mendapatkan penghasilan tersebut meskipun hanya sedikit. Saat itu kami membuat program yang didalamnya berhubungan dengan uang.
Contoh :
  • Infak
  • Bazar
  • Lelang Pameran
  • Pengolahan Sampah
 Emang sih sebenaranya suatu program tanpa uang pasti tidak akan jalan, okelah sobat biar saya kasih tips nih, agar anda dapat penghasilan dari OSIS ini.

1. Buatlah program yang dapat mendatangkan keuntungan untuk anda
          Kita ambil contohnya, Bazar. Dengan bazar kita dapat melatih kemampuan kita dalam berjualan baik itu berupa makanan, pakaian, atau pernak-pernik lainnya. Selain itu kita juga dapat melatih sikap seorang wirausaha dalam diri kita. sehingga kita dapat hidup mandiri di hari esok.

2. Buat Proposal dengan dana lebih dari target.
          Ada pepatah mengatakan lebih baik lebih dari pada kurang, nah, jika anggaran yang kita buat itu lebih dari targetnya tentu ada kelebihan dana, dan dana itu dapat kita simpan untuk kas OSIS atau untuk program kita selanjutnya.

3. Jangan terlalu banyak memakai anggaran konsumsi panitia
         Tentu jika anda OSIS anda akan menjadi panitia dalam program anda, apabila didalam proposal anda mempunyai hak konsumsi, jangan anda pakai semua anggaran tersebut cobalah untuk mengirit. Misal sebut saja anggarannya Rp. 10.000,- x 24 orang, yang anda guanakan hanya Rp. 7.000,-  x 24 orang. Lantas kemana Rp. 3.000,- nya? nah, anda sisipkan untuk kas OSIS.

4. Manfaatkan barang tak berguna
         Percaya tidak jika barang rongsokan yang sering anda buang itu dapat menghasilkan uang?, dengan barang rongsokan tersebut kita dapat memanfaatkannya untuk keperluan OSIS loh? asal mau kreatif, seperti membuat kop surat, kotak infak, alat penyimpanan ATK OSIS dan bnyak lagi, selain itu ada satu lagi asal kita mau rajin dan kompak untuk mengumpulkan dan membagi jenis-jenis sampah di lingkungan sekolah insyaallah kita akan produktif.

5. Rajin membayar uang kas OSIS
         Terkadang karena kita mempunyai uang kas kelas kita lupa pada uang kas OSIS, padahal hal ini dapat menambah penghasilan dan untuk menunjang keuangan di kas OSIS, dan dapat digunakan untuk keperluan OSIS juga dalam hal ini bendaharalah yang harus rajin menagih uang kas OSIS.

Nah sobat cukup sudah saya berbagi tips dengan anda lakukan hal tersebut samapi periode habis periode dan lihat hasilnya. Selain itu, khusus kepada OSIS MA ITb semoga apa yang saya sampaikan kali ini dapat dilaksanakan, mudah-mudahan kita dapat mencari penghasilan dari kerja keras kita bersama.


Oleh : Sulaeman Daud
 

5 komentar:

  1. Pada poin ke dua kan bikin anggaran lebih dr target, dan sisanya u/ simpanan kas osis ya..trus uang yg disimpan u/ kas osis itu nanti laporannya gimana ke bendahara sekolah? Mhon jawabannya. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Kita laporan apa adanya aja gan. Dan kita jelaskan bahwa itu hasil lebih dari kegiatan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sekolah selalu minta tu uang sisa buat dibalikin, gan... Beuuh, gimana tuh ~.~

      Hapus
  3. Uang kas osis itu diambil dari tiap kelas apa hanya anggota osis saja y?

    BalasHapus
  4. Penarikan uang kas osis itu kan sama aja pungli kan gak boleh ada pungli pasti ada prodankontra

    BalasHapus